Biola Buat Pemula

Banyak yang sering bertanya, kalau buat violinis pemula itu baiknya beli violin yang gimana sih? terus budgetnya kurang lebih berapa sih?

Kadang banyak yang berpendapat, kalo beli Biola buat pemula ga usah yang mahal mahal, ada betulnya, tetapi hati hati, sebab kalo biola yang terlalu murah, bisa menyusahkan, susah untuk dimainkan, karena tidak standar, dan lain lain. Jadi menurut saya, mending ambil patokan standar.

Kalo yang saya sarankan sih, untuk pemula ambil biola kelas merk Cremona tipe SV-50 (Sekitar tahun 2011 harga masih di kisaran 750 ribu satu set yaitu bow + Kotak + Biola) dan apabila untuk pemula saya sarankan, selain membeli biola, beli juga Shoulder rest, Tuner dan yang terpenting adalah Rosin.

Mengapa rosin? karena sebagus apapun biola anda, kalo bownya tidak diberi rosin, tidak akan bisa bersuara. ^_^

Untuk tumer, beli saja yang tuner digital, yang sudah termasuk metronome, karena ini sangat penting dalam anda belajar biola nantinya. Saya ada menulis mengenai Bagaimana Berlatih dengan metronome, dan Bagaimana Memilih Tuner.

Juga Shoulder rest, diawal belajar akan sangat membantu sekali kita dalam bermain, karena badan kita masih sangat tidak terbiasa untuk memegang biola, dengan adanya shoulder rest akan sangat terbantu. Untuk tip menggunakan shoulder rest ada artikel saya yang membahas Tentang Shoulder Rest.

Jadi kurang lebih kalo dihitung hitung habisnya untuk biola pemula sekitar 1 Jt Rupiah. Begitulah kurang lebih mengenai biola untuk memulai belajar.

Semoga penjelasan saya dapat menjawab pertanyaan mengenai bagaimana memilih biola untuk pemula.

^_^

No comments:

Post a Comment