Belajar Biola Itu Mudah Atau Susah Sih?

Banyak orang yang tanya hal ini, kalo belajar biola itu gampang ngga sih? Keliatannya susah ya? hahahahahaha......

Ya saya pribadi bilang, kita belajar sesuatu yang sebelumnya kita tidak bisa lakukan, ya pasti susah, mana ada belajar yang mudah, betul ngga?

Belajar biola pun demikian, namanya belajar ya pasti susah, dan untuk belajar sesuatu, itu diperlukan hasrat dari yang belajar untuk bisa, terus ada kemauan, dan rela kerja keras, mencurahkan waktu dan pikiran. Karena perlu dilatih dengan rutin. Karena belajar biola ini ibarat kaya fitness juga, kita ingin punya badan bagus, perut six pack, tapi workout nya cuma sebulan sekali, udah itu makan asal asalan, ya mana bisa.

Dan saya rasa sama seperti belajar ilmu apapun juga, makin lama dipelajari itu pelajarannya makin susah. Coba aja ingat ingat, pelajaran kelas 1 sd, ama kelas 2 sd, mana yang lebih gampang? terus bandingin sama kelas 5 atau kelas 6?

Jadi yang terpenting dalam belajar pastikan dulu dari awal kalo kita itu emang punya hasrat buat belajar, dan rela untuk invest waktu, tenaga dan pikiran, bahkan juga biaya untuk belajar, beli alat dan sebagainya. Apabila tidak mending jangan, daripada membuang waktu saja. ^_^

Terus juga kalo misalnya anda memutuskan untuk belajar, saya sarankan untuk selain mencari guru, juga punya komunitas berkumpul dengan  sesama pemain biola, kenapa, karena ini sangat penting, karena disini kita bisa berbagi masalah kesusahan kita belajar, kita bisa bermain bersama juga, sehingga kita tau bahwa kita tidak sendirian.

Untuk mengenai komunitas ini saya pernah bahas di artikel Pentingnya Komunitas Biola.

Jadi buat yang sudah memutuskan untuk belajar, tetap semangat ya, cari teman teman yang sama sama belajar, belajar bersama, bermain bersama, dan jangan lupa untuk terus berlatih.

Untuk teman teman yang berlokasi di Bandung, di bandung ada komunitas biola yang bernama  AVC Bandung
AVC Bandung ini selalu berkumpul tiap Hari Minggu pk. 13:30 di balai kota bandung. Jadi buat kalian yang ada di bandung, kalo ingin bergabung, langsung datang saja kesana.
Follow juga twitter AVC Bandung @AVC_Bdg
atau Facebook Fan Page AVC Bandung di www.facebook.com/avcbandung

Semoga artikel kali ini bermanfaat.
Tetap semangat dalam belajar dan berlatih ya teman teman.

No comments:

Post a Comment