Apa Saja Yang Mempengaruhi Suara Biola

Mungkin setelah kita mencoba belajar bermain dasar dasar biola, kita pensaran, gimana sih biola itu? Apa aja sih yang sangat berpengaruh dalam menghasilkan suara di biola itu?

Untuk pertanyaan ini jawaban utamanya tentu saja adalah ya biola tersebut sendiri, bahan kayunya, dan juga pembuat biolanya, itu yang paling berperan utama dalam menunjukkan karakter suara dan kualitas suara sebuah biola. Akan tetapi banyak elemen elemen lain dalam biola yang juga tidak kalah pentingnya, dan juga berpengaruh dengan kualitas suara dari biola.

Apa saja sih elemen elemen ini?

  1. Senar Biola.
    Tentu saja senar ini memegang peranan penting dalam menghasilkan suara di biola, karena senar adalah sumber bunyi dari biola, yang dihasilkan dari pada saat senar digesek oleh bow.
  2. Rosin.
    Rosin yang dipakai juga mempengaruhi kualitas suara, karena rosin berpengaruh terhadap hasil dari gesekan senar oleh hair bow. 
  3. Bridge.
    Bridge ini sebagai yang menghantarkan getaran dari senar ke body biola sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yang dihasilkan. Untuk Bridge ini, kalo kita ingin suara biola kita lebih bright, maka kita bisa menipiskan bridge, tapi hati hati, kalo terlalu tipis nanti bisa patah.
  4. Sound Post.
    Sound Post ini sebagai penghantar getaran dari Lempeng depan biola, ke back plate, atau lempeng belakang biola. Posisi dari soundpost ini sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan. Pada umumnya soundpost ini terletak sedikit dibawah posisi bridge, dekat senar A. Kita bisa melihatnya, dengan mengintip melalui F - Hole.
  5. Shoulder Rest.
    Shoulder rest ini juga berpengaruh terhadap suara karena kalo kita tidak menggunakan shoulder rest, maka otomatis lempeng belakang biola menempel pada bahu kita, sehingga sedikit banyak meredam getaran dari biola, sehingga tentu saja suara yang dihasilkan akan menjadi berbeda dibanding ketika kita menggunakan shoulder rest.
Oke, mungkin ada beberapa hal lain yang belum masuk disini, lain kali bisa saya update lagi. Kalo teman teman punya masukan, bisa sampaikan langsung ya. ^_^

Terus untuk bagian bagian dari biola, seperti mana itu bridge, senar, dll, saya dulu pernah menulis artikel mengenai "Bagian Bagian dari biola". Teman teman bisa coba baca artikel tersebut. ^_^

Ok, itu dulu yang saya sampaikan kali ini.
Semoga bermanfaat, Semangat, dan terus berlatih ya teman teman. ^_^

No comments:

Post a Comment