Merekam Permainan Biola Sewaktu Berlatih.

Bermain biola itu boleh dibilang seperti kita bernyanyi, yaitu apa yang kita dengar pada saat kita mainkan biola itu akan sedikit berbeda dengan apa yang orang dengar. Pernah merekam suara anda sendiri?

Saya dulu pertama kali merekam suara saya, waktu saya dengar saya nyaris ngga kenal suara siapa itu, dan saya bertanya tanya kok suara saya seperti ini ya? waduh... hahahahaha... ^_^

Nah, begitu juga dengan bermain biola. Emang seperti merekam suara, ngga enak sih sebetulnya mendengarkan rekaman suara kita bermain biola, apalagi kalo kita sudah biasa mendengar permainan biola dari para pemain biola profesional. Tapi justru inilah titik yang membuat kita mengerti, seperti apa sebenarnya level permainan biola kita.

Jadi dengan cara merekam permainan kita kita jadi bisa memperhatikan banyak hal yang mungkin lepas dari perhatian kita pada saat kita bermain. Antara lain, pada saat kita mendengarkan rekaman kita bisa cek, apakah kita bermain dengan tempo yang stabil, terus bagaimana permainan kita apakah sudah mengalir? atau masih tersendat sendat. Terus intonasi kita bagaimana? apakah masih ada nada nada yang sumbang? Kalo ya, disebelah mana?

Nah berdasarkan ini, jadi kita tau dan kita punya acuan untuk melatih bagian mana yang harus diperbaiki.
Jadi ada baiknya apabila anda belajar sebuah lagu, dan anda rasa sudah mulai menguasai lagu tersebut, coba anda rekam permainan anda, dan dengarkan, apakah anda sudah puas dengan permainan anda?
Jika belum disebelah mana? Hal itulah yang harus diperbaiki.

Ok, itu tips dari saya mengenai berlatih.
Semoga berguna, dan keep on practice ya teman teman.

No comments:

Post a Comment