Bagian Bagian dari Biola

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan biola ini, kalo katanya kita menyukai alat musik ini, maka kita juga harus mengenal bagian bagian apa saja sih yang ada di biola ini. ^_^
Biola termasuk alat musik gesek, kenapa? Karena cara memainkannya yang digesek. Nah saat ini kita akan membahas bagian bagian dari body alat musik biola ini.

Jadi apa saja sih bagian bagian dari biola?
Berikut ada beberapa gambar yang bisa menjelaskan:
Diagram Bagian biola 

Dibagian paling atas dari biola ada yang namanya scroll. Scroll ini tidak punya kegunaan khusus, hanya sebagai hiasan untuk mempercantik biola. Pada umumnya scroll ini bentuknya seperti gulungan sesuatu begitu, akan tetapi ada beberapa pembuat biola yang membuat scroll dalam bentuk yang bervariasi, seperti mungkin bentuk kepala hewan, atau banyak lagi yang lain. ^_^

Kemudian peg, adalah tempat kita menyangkutkan masing masing senar, dan menggulung untuk mengatur ketegangan senar agar menghasilkan nada yang sesuai.
Untuk Tuning Biola dilakukan dengan memutar peg ini.

Juga ada Finger board, pada umumnya finger board dibuat dari bahan kayu ebony, sehingga warnanya hitam. Kayu ebony ini adalah kayu yang keras, cocok buat sebagai finger board. Finger board ini adalah temapt dimana kita menekan senar (Stop the string) untuk menghasilkan nada tertentu apabila senar digesek dengan bow.

Semudian juga ada bridge, ini adalah salah satu bagian biola yang kecil tapi juga penting, karena bridge berfungsi untuk meneruskan getaran dari senar ke body biola, sehingga menghasilkan resonansi suara yang kemudian keluar dari F Hole.

Dan ada bagian kecil yang tidak terlihat, tapi sangat penting, yaitu sound post. Yang seperti tiang kecil didalam biola, posisi dibawah bridge, yang berfungsi untuk meneruskan getaran dari Lempeng depan tempat menempel Bridge, ke lempeng belakang (Back Plate).

Ok, mungkin segini dulu penjelasan singkat dari saya mengenai part dari biola.
Lain kali kita bahas lagi lebih lanjut. ^_^


No comments:

Post a Comment