Berlatih Dengan Metronome

Apa sih yang terpenting dalam bermain music? dalam bermain music, emang pitch penting, tapi ternyata ada yang lebih penting lagi, yaitu Tempo dan Rhytm. Sebab kalo kita pitch tidak tepat, orang awam terkadang tidak terlalu memperhatikan, tapi apabila tempo kita salah, orang tidak mengenal music pun tau kalo kita salah dalam bermain.

Itulah sebabnya, kenapa tempo ini sangat penting buat kita yang sedang belajar alat music. Saya sendiri mengakui, hambatan diawal belajar adalah masalah tempo. Saya kurang bisa menghitung tempo dengan benar, karena sering hitung melambat, atau menjadi lebih cepat. Disinilah peran penting kita untuk memiliki alat yang bernama metronome.

Disarankan agar setiap berlatih, kita biasakan diri untuk menggunakan metronome. Nah, menggunakan metronome ini tujuannya adalah untuk mengkoreksi tempo internal kita dengan menyesuaikannya dengan metronome, bukan berarti pada saat berlatih, karena ada metronome kita jadi ngga menghitung ketukan.

Jadi disini kita membiasakan untuk menyesuaikan apakah cara kita menghitung tempo sudah sesuai, kalo belum bagian mana? kenapa?

Dengan terus membiasakan diri menggunakan metronome, maka perlahan lahan, kita akan bisa menjaga tempo kita lebih stabil.

Jadi buat yang baru berlatih bermain music, saya sangat menyarankan untuk memiliki alat yang bernama metronome ini, karena sangat bermanfaat.

Ingat, bermain music, apalagi bermain music dalam kelompok, apabila tempo kita tidak sesuai sangatlah fatal, karena itu tempo yang tepat adalah hal yang utama untuk dilatih.

Selain metronome, ada banyak alat bantu berlatih biola, salah satunya saya peranah menulis mengenai Menggunakan Tuner,

Ok, selamat berlatih.
CU next time.

No comments:

Post a Comment