Berlatih? Sampe Seberapa Jauh kah?

Saya rasa peribahasa "Bagaikan padi, makin berisi makin menunduk" itu tepat. Itu saya rasakan sendiri, ketika diawal saya belajar biola, waktu sudah mulai bisa menggesek aja, sudah merasa wah, saya sudah mulai bisa main biola, terus mencoba main lagu ini dan itu, banyak sekali hahahaha..... kaya lagu doraemon aja ya....

Ya begitulah, akan tetapi ketika makin lama saya belajar, saya makin lama makin menyadari, bahwa banyak kekurangan dalam saya bermain, baik dari segi pitch, terus continuitas dalam lagunya, maupun dalam hal dynamic, dan masih banyak hal lain yang makin lama makin terasa harus diperbaiki, sehingga makin saya belajar, rasanya kok makin saya ngga bisa, makin saya kurang dalam menguasai alat music ini.

Dan beberapa hal saya dapatkan ketika saya mulai berlatih untuk menghadapi ujian adalah, pada saat kita berlatih menguasai lagu, kalo cuma sekedar bisa memainkan lagu, itu baru tahap awal, itu masih belum ada apa apanya, kita harus terus gali itu lagu, buat kita bisa mainkan lagu itu dengan seringan mungkin, sehingga kita bisa mulai perhatikan hal hal detail, bukan pikiran konsentrasi hanya pada not, tapi juga sampai kita bisa mulai menikmati permainan kita, mulai merasakan, apa dari permainan kita yang kurang.

Terus juga saya sarankan untuk merekam permainan kita, untuk mencek progress yang sudah kita capai.
Kalo saya sih suka rekam beberapa kali di SoundCloud. Rasanya lucu kalo denger rekaman saya yang dulu dulu, apalagi yang sudah lewat setahun, tapi dari situ saya tau, bahwa ternyata saya membuat kemajuan lho... hahahahahaha..... ^_^

Ya gitu lah sharing dari saya hari ini.
Semoga berguna ya teman teman. ^_^

No comments:

Post a Comment