Not Balok & Teori Music

Ada yang pernah tanya, perlu ngga sih kita belajar not balok dan teori music dalam belajar biola? Kalo menurut saya sih sangat perlu, terutama buat kita yang baru mulai belajar dan tidak banyak mempunyai dasar music. Kenapa? Karena dengan bisa not balok dan teori music, minimal kita ada dasar, dan kita bisa bermain sebuah lagu hanya dengan membaca partiturnya.

Mungkin yang belajar otodidak dan mempunyai pendengeran yang bagus, mereka mendengarkan suatu lagu, mereka langsung bisa mainkan melodynya, sehingga merasa tidak perlu untuk menggunakan partitur, akan tetapi itu kalo kasusnya kamu bermain sendiri, sedangkan dalam bermusic, tidak mungkin kita akan bermain sendiri terus kan?

Suatu saat kita harus berkolaborasi, baik dengan sesama biola, dan dengan alat music lain, pada saat itu kita akan memainkan suatu karya music yang sudah di arransemen oleh seorang arranger music. Nah disaat itulah, kalo kita ngga bisa baca notasi music, kita tidak akan bisa bermain bersama, karena apa yang kita mainkan bukan hanya meloddy.

Kita harus membaca partitur agar kita bisa bermain harmonis dengan pemain yang lain dan menghasilkan suatu kolaborasi music yang indah. Jadi praktek, mengasah kemampuan kita dalam bermusic, dan teknik itu penting, akan tetapi dari segi teori music pun juga sangatlah penting.

Dan juga apabila kita menguasai teori music akan membantu kita dalam praktek, karena kita tahu, kenapa ini begini, kenapa begitu, bukan asal bermain kalo kerasa enak saja. ^_^

Ok, mungkin sekian dulu sharing kali ini. Selamat berlatih, tetap semangat, dan jangan lupa teori music ya. ^_^

No comments:

Post a Comment