Belajar Bermain Biola, Bisakah Autodidak?

Banyak orang bertanya, bisa ngga sih, kalo belajar biola ga perlu les, belajar saja sendiri?
Saya bilang bisa bisa aja, akan tetapi belajar secara Autodidak itu lebih susah daripada belajar dari orang yang memang sudah bisa (Les). Karena ketika kita belajar sendiri maka kita akan temui beberapa kendala:

  1. Dari Mana Harus mulai belajar.
    Tampa ada yang mengarahkan, seringkali kita jadi bingung, dari mana kita mulai belajar, apa yang perlu kita pelajari lebih dahulu, dan apa kemudian selanjutnya.
  2. Tidak ada yang mengoreksi kesalahan.
    Ketika kita belajar sendiri, maka kita lakukan apa yang menurut persepsi kita benar, padahal hal itu belum tentu benar, bisa saja, postur kita salah, atau mungkin secara tidak sadar kita membentuk suatu kebiasaan jelek, yang akibat kita latih terus menerus tampa pengarahan, menjadi suatu kebiasaan sehingga sulit dihilangkan, yang akhirnya membatasi kemampuan kita untuk bermain alat music tersebut.

Jadi bukannya tidak bisa untuk belajar sendiri, akan tetapi akan memakan waktu lebih lama, dan juga kita harus berhati hati dalam memilih sumber informasi yang digunakan untuk berlatih, sehingga saya sarankan, kalo emang mungkin untuk belajar biola ini, carilah seorang guru yang dapat membimbing anda, niscaya kemajuan yang akan anda dapatkan akan lebih terasa, asalkan tetap anda harus mau bekerja keras, dan rajib berlatih.

Ok, mungkin itu saja dulu yang saya sampaikan hari ini. ^_^

Salam Gesek Teman teman.
Isak.

No comments:

Post a Comment