Latihan Long Note?

Sebagai pemula belajar biola, biasa latihan latihan sederhana yang dianjurkan antara lain adalah bermain long note, dan tangga nada, dan biasanya sebagai orang yang awal belajar biola kita seringkali berpikir, hei, saya belajar biola kan untuk bisa bermain lagu, buat apa saya belajar cuma tangga nada doank? buat apa cuma main do, re mi, dst... ^_^

Sebetulnya dalam belajar biola, belajar music, yang terpenting bukan latihannya apa, tapi bagaimana sikap kita pada saat berlatih. Bisa saja mungkin katakan kita berlatih setiap hari itu 24 jam full nonstop, akan tetapi kalo latihan itu kita cuma sekedar menggesek biola, tanpa tau apa tujuan yang mau kita latih ya semuanya bisa jadi sia sia.

Bukannya kita ga akan dapat kemajuan ya. Ya mungkin secara reflek tangan bisa menghapal gerakan, gerakan bisa jadi lebih lincah, akan tetapi aspek belajar music yang harus diperhatikan bukan hanya itu saja.

Misalnya dalam bermain long note aja, mungkin itu terlihat sangat sederhana, akan tetapi justru karena sederhana, sehingga pada saat bermain long note ini, kita jadi bisa memperhatikan hal-hal yang lain, seperti misalnya, apakah pada saat menggesek long note ini suara kita sudah stabil, tidak naik turun? Apakah gesekan bow kita sudah lurus?

Dengan membiasakan di long note, maka lama kelamaan gerakan ini masuk ke alam bawah sadar kita, sehingga pada saat bermain lagu pun, apa yang kita latih disini akan keluar, sehingga baik intonasi, dan kestabilan suaranya jadi lebih baik.

Juga dalam berlatih tangga nada, banyak hal disini yang bisa dipelajari, antara lain, apakah kita bermain antara satu not ke not berikutnya sudah mengalir, atau masih putus putus? terus apakah intonasi kita sudah tepat? disini juga kita bisa sambil menghapalkan bunyi not, sehingga lama lama melatih kepekaan telinga kita untuk mendengar nada yang benar.

Jadi sebetulnya, untuk berlatih, dari banyak latihan yang sederhana pun, kita dapat mendapatkan hasil yang banyak. Bahkan terkadang lebih baik kita berlatih latihan dasar tapi dapat kita pahami dengan baik, daripada kita berlatih sesuatu yang rumit, yang tidak sanggup kita kuasai, dan akhirnya hanya membuang waktu saja.

Selamat berlatih ya teman teman, moga sukses dengan biolanya.

No comments:

Post a Comment