Mengenal Rhytm

Sebetulnya apa sih Rhytm itu? Rhytm itu mungkin bisa kita artikan sebagai variasi, nada atau not dalam rentang waktu tertentu. Jadi misalnya dalam satu birama 4/4 itu ada 4 ketukan not 1/4 itu adalah temponya, sedangkan untuk Rhytm nya mungkin bisa saja di awal ada 2 not 1/8 terus disusul dengan 3 not 1/4 dan lain lain.

Jadi rhytm ini adalah variasi not, atau pola yang ada dalam lagu.

Setelah kita bisa belajar untuk mengetuk tempo dengan konstan, selanjutnya kita juga harus belajar untuk menyesuaikan rhytm dan tempo, sehingga ketika kita bermain bersama orang lain, permainan kita bisa selaras, tidak saling mendahului, atau balapan, sehingga akan terdengar lebih asik.

Salah satu latihan untuk belajar mengenalin rhytm dengan baik adalah dengan memainkan etude untuk bermain biola seperti misalnya Wolfhart, disitu akan disediakan berbagai macam variasi nada dan rhytm, sehingga kita terbiasa untuk memainkan beberapa variasi yang susah.

Untuk berlatih etude ini, saya tetap menyarankan menggunakan metronome, sehingga tempo kita bisa langsung terdeteksi apabila ada bagian bagian yang kita kesulitan dan melambat.

Nah bagian bagian inilah yang harus mendapat perhatian khusus, dan dilatih lebih lanjut lagi.

Untuk mengenai bagaimana berlatih dengan metronome, dapat dilihat di salah satu artikel yang lalu mengenai: "Berlatih Dengan Metronome".

No comments:

Post a Comment