Tentang Shoulder Rest

Waktu awal belajar biola, ada yang bilang, kalo main biola sebaiknya awalnya dicoba untuk bisa bermain tanpa shoulder rest terlebih dahulu, setelah bisa baru coba bermain tanpa shoulder rest.

Tapi sekarang setelah saya rasa rasa, rasanya sebaiknya, kalo kamu diawal mempunyai kesulitan untuk menahan violin di bahu kamu, sebaiknya pake shoulder rest. Kenapa? karena shoulder rest ini adalah alat bantu yang memudahkan kita dalam memegang biola, selain itu kalo kita memaksakan diri kita yang masih awal belajar untuk bisa tanpa shoulder rest, kuatirnya kita membentuk sebuah bad habit yang menghasilkan postur yang salah, sehingga bisa berakibat buruk.

Karena posisi memegang biola itu tidak betul betul posisi natural, yang orang biasa tanpa berlatih bisa langsung melakukannya, akan tetapi harus dibentuk perlahan lahan, dengan postur yang tepat, itu sebabnya perlu ada seorang guru yang mengawasi.

Bila kita bermain dengan posisi tidak tepat, katakan posisi bahu kita naik untuk mencepit biola, maka dalam jangka panjang, nanti efeknya, bahu kita akan jadi tinggi sebelah gara gara hal ini. Tentu saja kita tidak ingin hal hal seperti ini terjadi bukan.
oleh sebab itu dalam bermain biola ini penting sekali untuk memperhatikan, bagainama postur yang baik dan benar dalam bermain.

Jadi selamat berlatih teman teman. ^_^

No comments:

Post a Comment