Cara Merawat & Membersihkan Biola

Buat kita yang menggemari alat music satu ini, tentu kita bukan cuma mau untuk bermain alat music ini saja bukan. Kita juga punya kewajiban untuk merawat alat music kesayangan kita ini, agar terlihat tetap cantik,, seperti julukannya dari biola yaitu "The Queen Of Instrument".

Oleh sebab itu kita harus jaga kebersihan dan keindahannya. Salah satu caranya adalah setiap kali sehabis selesai digunakan, harus segera dibersihkan, dengan kain yang halus, dibersihkan dari semua bubuk rosin yang nempel, sebab bubuk rosin ini apabila didiamkan, tidak dibersihkan akan mengeras dan menempel sehingga akan sangat susah dibersihkan.

Apabila bubuk rosin yang menempel di senar, dan mengeras, itu masih bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih. Akan tetapi kalo di body biola agak susah, karena beberapa biola tidak tahan dengan minyak kayu putih, dan bisa menyebabkan pernis nya luntur, dan ini cukup merepotkan, karena bukannya kita membersihkan malah bisa jadi merusak biola.

Oleh sebab itu buat yang mau coba bersihkan dengan minyak kayu putih, hati hati, di cek dulu, apakah biolanya pernisnya tahan atau tidak. Alternatif lain bisa coba membeli cairan pembersih, tapi ini juga harus melakukan test sebelum membersihkan biola, untuk melihat apakah biola anda tahan terhadap cairan ini atau tidak.

Jadi yang terutama perawatan yang paling penting adalah harus membersihkan biola setiap selesai digunakan. Ada beberapa orang yang berpendapat bahwa kalo biolanya terlihat banyak bekas rosin itu cool, karena biar kelihatan sering latihan, tapi menurut pendapat saya, tidak cool sama sekali bahkan jorok. Kalo soal banyak latihan akan terdengan begitu anda menggesek biola anda, suaranya akan menunjukkan apa anda sering latihan atau tidak, bukan dari kotornya biola oleh bekas rosin.

Ok, segini dulu sharing saya kali ini.
Semoga berguna, dan selamat berlatih.

No comments:

Post a Comment