The Circle Of Fifth

Kebetulan saya juga sekarang sedang belajar mengenai teori music. Saya berencana tahun dqepan ingin coba ambil ujian teori ABRSM Grade 5. doakan moga berhasil ya teman teman.

Di pelajaran ini saya menemukan satu hal yang sangat menarik, yang dinamakan Circle of Fifth. sebelum saya menjelaskan lebih banyak, saya kasi sebuah diagram untuk mengilustrasikan mengenai Circle of FIfth ini, yang saya rasa ini sangat berguna buat kita semua yang belajar bermain biola sekalipun.

The Circle of Fifth

Salah satu kegunaan dari circle of fifth ini adalah untuk menentukan key signature pada sebuah tangga nada. Kita lihat lingkaran paling luar, di paling atas kita mulai dengan tangga nada natural mayor yaitu C mayor. Untuk tangga nada mayor kita tau ada yang dengan tanda kres, ataupun dengan tanda mol.

Nah untuk kres, kita gerak ke kanan, untuk mol ke kiri.
sebagai contoh untuk tangga nada 1# berarti dari c, kita maju ke interfal fifth dari C, yaitu G. Jadi tangga nada 1 kres adalah G major, dan untuk tangga nada 2 Kres, berarti interfal fifth lagi dari g, yaitu D, dan seterusnya.

Di lingkaran kedua kita bisa lihat itu adalah Tonic Triad dari tangga nada tersebut. Misalnya G, berarti G - B - D.  Dan di lingkaran terdalam itu adalah tangga nada minornya dari nada mayor tersebut, sebagai contoh, untuk G major maka tangga nada minornya adalah E minor.

Kegunaan lain dari circle of fifth ini untuk di biola adalah kita bisa pakai untuk panduan menemukan nada yang ada di posisi yang sama, di senar sebelum dan sesudah. Misal open string A, maka senar berikutnya adalah open string E, senar sebelumnya pasti open string D. Begitu juga misal posisi jari 3 di senar D, di nada G, maka di senar sebelumnya, yItu posisi 3 di senar G adalah nada C, dan posisi 3 di senarA adalah nada D.

Ok, itu dulu mungkin sharing saya kali ini mengenai Circle Of Fifth, moga berguna.
Dan selamat berlatih ya teman teman. ^_^

By. Isak muliana

No comments:

Post a Comment