Bagaimana Bermain Dengan Relax?

Banyak dari para pemain ahli mengatakan bahwa bermain biola kamu harus relax, kamu haru tidak ada ketegangan, sehingga permainan kamu bisa baik. Itu semua betul, akan tetapi yang menjadi masalah utama disini adalah bukan mengenai harus relax nya, akan tetapi, bagaimana supaya bisa relax?

Saya rasa mungkin ada beberapa diantara teman teman yang belajar biola juga mengalami apa yang saya alami. Diawal saya mulai belajar biola, guru saya juga menasehatkan untuk bahwa bermain biola jangan kaku, harus relax donk, jangan tegang. Tapi masalahnya bagaimana?

Bagaimana ini yang selama sekian lama saya belajar, saya tidak menemukan solusinya, bahkan saya bertanya tapi rasanya kok buntu. Di komunitas juga saya melihat, ada orang yang bisa dengan cepat mencapai hal ini, ada yang lama tidak bisa bisa. dari mereka yang bisa saya bertanya, mereka hanya menjawab, ya sering latihan saja. Tapi tetap masih kurang memuaskan, karena kalo bilang sering latihan, saya juga sering latihan, tapi ngga bisa juga mencapai hal ini.

Saya terus berpikir, apa, pasti ada hal yang saya lewatkan. Pasti ada yang bisa dilakukan yang mereka secara tidak sadar lakukan, akan tetapi saya tidak, dan saya tidak temukan.

Maka saya mencoba berbagai macam cara dan bentuk untuk melatih permainan saya. Sampe akhirnya saya menemukan, bahwa emang ada hal yang terlupakan oleh saya sebelumnya.

Yaitu Untuk dapat melakukan suatu hal dengan Relax, dan tidak tegang, maka langkah pertama adalah kita harus bisa melakukan hal itu terlebih dahulu dengan nyaman. Sebab bagaimana mungkin kita bisa menggerakan jari kiri kita diatas finger board untuk memencet senar kalo cuma sekedar menggapai senar aja kita ngga sanggup, sehingga harus bekerja keras dan menahan sakit di lengan.

Jadi ketika saya temukan hal ini maka kemudian saya berlatih untuk membuat tangan saya terbiasa dengan posisi diatas finger board, dan setelah itu saya merasakan bahwa sedikit demi sedikit saya mulai bisa bermain lebih relax.

Sebab ketika saya sudah bisa melakukan dengan nyaman, maka pikiran saya mulai bisa mengamati keadaan tangan saya, mulai merasakan dimana sih terdapat ketegangan ditangan yang bisa di kendurkan, tanpa dihalangi oleh rasa sakit, atau tanpa harus memikirkan untuk memaksa tangan bergerak menuju posisi yang diinginkan, karena semuanya sudah bisa berjalan dengan nyaman sehingga semuanya bisa diambil alih oleh otak bawah sadar.

Jadi teman teman, buat yang baru mulai belajar, ingat ya, belajar dan latih tangan anda untuk bisa melakukan apa yang harus dilakukan untuk bisa bermain biola dengan nyaman terlebih dahulu, maka nanti segala yang lain akan bisa menyusul dengan lebih cepat.

Ok, mungkin segini dulu sharing saya kali ini, selamat berlatih. ^_^

Kunjungi juga blog saya tentang biola.
Saya juga mencoba menulis blog mengenai biola dalam bahasa inggris, mungkin teman teman mau coba baca, kunjungi Learning Violin blog.

No comments:

Post a Comment