Tips Perawatan Biola

Buat kita yang belajar biola, biola ini tentu sangat penting buat kita, dan oleh sebab itu harus dirawat, karena sama dengan barang yang lain kalau tidak dirawat maka akan bisa cepat rusak. Berikut saya bagikan beberapa tips dalam merawat biola.

Yang pertama adalah senar, senar ini bagian biola yang cukup penting, dan juga bisa jadi cukup mahal, oleh karena itu perlu dirawat agar awet.
Beberapa tips agar senar awet diantaranya adalah:
  1. Setiap selesai bermain, bagian senar yang dipegang tangan kiri kita, dibersihkan (di lap) dengan kain, kenapa? Karena biasa selama bermain tangan kita bisa berkeringat dan keringat ini kalo tidak dibersihkan bisa menyebabkan senar berkarat dan cepat putus. Juga bagian yang digesek bow juga, untuk membersihkan sisa rosin yang menempel, karena sisa rosin ini apabila didiamkan akan mengeras dan akhirnya susah dibersihkan.
  2. Bagian body biola, kususnya daerah deket senar yang di gesek, dan finger board pun juga harus sering dibersihkan dari rosin, karena apabila rosin dibiarkan lama akan mengeras dan susah untuk dibersihkan. Sehingga biola jadi terlihat kotor dan tidak sedap dipandang. ^_^
  3. Untuk membersihkan body biola harus berhati hati, gunakan cairan pembersih khusus untuk biola, dan sebelumnya coba di test ke bagian leher biola yang tersembunyi dulu, karena kadang ada biola yang vernisnya tipis, sehingga sensitif terhadap cairan pembersih sekalipun.
Mubgkin itu beberapa Tips mengenai perawatana biola yang bisa saya bagikan kali ini.
Selamat berlatih ya teman teman. ^_^

No comments:

Post a Comment