Macam Macam Senar Biola

Malam teman teman, apa kabar?
Hari ini saya kan membahas mengenai topik yang hari ini kita bahas di gathering Komunitas Biola AVC Bandung yaitu macam-macam senar.

Apabila dilihat dari bahan membuatnya senar itu bisa kita golongkan menjadi 3, yaitu:

  1. Steel Core
    Senar dengan steel core ini umumnya, umurnya lebih panjang, dan juga biasanya sih karakter suaranya lebih kearah bright.Contoh Senarnya adalah Pirastro Chrom Core, D'Dario Prelude, dll
  2. Synthetic Core
    Senar dengan Synthetic Core ini biasanya bentuknya sedikit lebih besar dari steel core. Contoh Senarnya adalah Thomastic Dominan, Pirastro Tonica, dll
  3. Guts Core
    Senar dengan guts core ini jarang terdapat di indonesia karena kurang cocok dengan iklim kita, dan lagi juga perawatannya lebih susah ketimbang 2 senar yang diatas.
Senar bagian belakang, yang dipasang ke tail piece juga ada 2 macam, yaitu:
  1. End Ball
    Ujung yang untuk dikait ke tail piece berbentuk seperti bulatan logam.
  2. Loop End
    Ujungnya adalah senar yang membentuk lingkaran. Untuk memasang senar dengan loop end, butuh fine tuner khusus.
Jadi untuk senar ini cukup banyak variasi dan macamnya.
Juga dari segi merk ada banyak merk senar yang beredar dipasaran, seperti misalnya, Pirastro, Thomastic, D'dario, dan banyak lagi yang lain.

Untuk pembelian senar, kita juga harus perhatikan jenis suara biola kita, apabila biola kita suaranya bright, maka kita pakai senar steel core, akan lebih cocok, suara akan keluar lebih bright.
Jadi untuk menemukan yang cocok dan sesuai selera kita juga perlu experiment, akan tetapi dengan panduan diatas kita paling tidak tau beberapa hal mendasarnya.

Ok, mungkin ini aja sharing dari saya kali ini.
Selamat malam, dan selamat berlatih ya teman teman. ^_^

No comments:

Post a Comment