Menghapalkan Nada

Seperti di posting saya sebelumnya, saya sedang mencoba untuk dapat menghapalkan nada, dan sekarang berarti sudah hampir seminggu saya coba.

Yang saya lakukan adalah untuk tahap awal ini saya berusaha mengingat satu nada, yaitu nada G2 atau senar G open string pada biola dengan cara saya berusaha menyuarakan nada G, dengan cross check ke Tuner. Dan hasilnya, selama seminggu ini tetap masih belum tepat, saya selalu miss, kalo ngga hasilnya jadi F#, kadang G# bahkan A.

Jadi mungkin saya ingat sekilas nadanya rendah, tapi saya masih belum berhasil menyuarakan dengan tepat. Ternyata susah juga ya. Kayanya lebih mudah menghapal teori musik yang bukunya segepok, daripada satu nada G doank..... Hahahahahaha....

Ok, tapi saya terus coba, dan yang kedua, belajar interval mulai ada hasil. Untuk menyuarakan tangga nada, begitu saya sudah dapet nada G, saya sudah mulai bisa untuk tangga nada major. Sekarang saya coba yang lebih komplek lagi, lompat interval, misal G - B - G - C - G - A. Jadi saya melatih ingatan nada saya untuk bisa mengingat suara nada G, setelah saya menyuarakan nada yang lebih tinggi, diawal lumayan susah, kadang naik terlalu tinggi, turun kerendahan. Tapi setelah dilatih seminggu ini mulai bisa sedikit lebih akurat.

ok, itu sementara yang sedang saya coba. Saya terus coba latih.
Saya akan coba tulis perkembangan dari latihan selanjutnya.

Selamat berlatih ya semuanya.

No comments:

Post a Comment