Perfect Pitch Apakah bisa dipelajari?

Akhir akhir ini saya sangat penasaran sama yang namanya perfect pitch. Karena begini, dalam belajar music, ya music otomatis berhubungan dengan suara, dan oleh karena itu kepekaan telinga kita menjadi salah satu kunci untuk kita bisa belajar music dengan efektif.

Akan tetapi banyak diantara kita yang belajar music, bahkan untuk membedakan suara nada yang satu dengan yang lain pun masih susah, karena kita tidak bisa hapal dengan persis namanya nada suara.

Akan tetapi ada beberapa orang, yang mempunyai suatu talenta khusus, yaitu mereka bisa membedakan nada dengan jelas begitu mereka dengar nada tersebut, mereka dapat mengidentifikasi dengan tepat nada tersebut.

Akan tetapi hal yang lebih menarik lagi, katanya hal ini bisa dipelajari. Wow.....

Setelah research di internet, emang dikatakan ada beberapa orang yang langsung memiliki bakat ini sejak lahir, akan tetapi apabila anda tidak memilikinya anda bisa melatihnya, hanya memerlukan usaha kerja keras extra saja.

Memori kita mengenai nada itu butuh dilatih. Mungkin pada saat awal kita belajar music, kita mau bedain antara nada fals ama ngga aja kita ngga bisa, akan tetapi dengan seiring seringnya kita mendengar telinga kita bisa makin terasah untuk mendengar bahkan untuk menghapal pun awalnya jangka pendek kita ingat.

Misal tuning, kita denger nada A dari piano, kemudian kita ingat, kita cocokan dengan nada a di senar biola kita, sampe sama. Ini adalah salah satu bentuk hal yang melatih kita mengingat nada. Makin sering kita lakukan ingatan ini bisa bertahan makin lama. Sehingga akhirnya kita bisa mengingat nada tersebut.

Emang tidak ada jalan yang mudah, akan tetapi tidak ada yang mustahil kalo kita betul betul menginginkannya.

Ok, selamat berlatih teman teman.

No comments:

Post a Comment