Belajar Bermain biola, apakah sudah terlambat?

Sering kali saya mendengar ada yang bertanya, saya sudah umur segini baru mau belajar apakah sudah terlambat? apakah saya masih bisa belajar?

Menurut saya namanya belajar umur berapapun tidak menjadi masalah. Dan untuk setiap lapisan umur punya kesulitannya sendiri sendiri, jadi tidak bisa dibilang umur tertentu lebih baik untuk belajar dibanding umur yang lain. Akan tetapi satu hal yang ngga bisa diubah, yaitu kalo kita sudah umur 20 tahun misalnya, dan baru belajar alat music, ya jangan berharap umur 21 tahun udah jago donk. hahahahaha... ^_^

Mereka yang diumur muda sekitar 20 tahun udah fasih bermain alat music rata rata mereka belajar sejak balita, katakan sejak umur 5 tahun aja, berarti mereka sudah menghabiskan 15 tahun untuk belajar. Nah kalo mau kita setara dengan mereka, masa kita baru belajar satu atau dua tahun udah minta keahlian sama, kan ga mungkin.

Jadi kembali lagi, namanya belajar itu proses butuh waktu, butuh ketekunan kita dalam menjalaninya. Tidak ada yang instan. Semua butuh latihan. Jadi untuk semua yang mau belajar jangan berkecil hati karena tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar.

Manusia bisa selalu belajar selama masih hidup. Yang penting mind set kita harus betul. Satu hal harus dipahami dengan jelas dulu, bahwa yang namanya keahlian itu datangnya dari latihan, dari pengulangan, bukan dari tahu, seperti salah seorang Violinis dari jepang Shinichi Suzuki bilang bahwa: "Knowledge is not skill, knowledge plus 10.000 repetition create skill."

Tau resep masakan tidak bisa menjadikan kita koki handal, akan tetapi, tau resep, dan kita mencobanya terus berulang ulang sampe mendapatkan hasil yang baik, itulah yang membuat kita menjadi tukang masak yang handal.

Ok, ini dulu sharing dari saya kali ini.
Semoga berguna. ^_^

No comments:

Post a Comment