Bagian Bagian dari Bow

Bow itu adalah bagian penting dari violin untuk menghasilkan suara, dan ternyata bow ini pun juga tidak sesederhana tampaknya. Ada banyak bagian dalam bow ini.
Berikut gambar dari bow beserta bagian bagiannya:

Itu adalah gambar dari bow beserta bagian bagiannya.  Tension screw ini adalah bagian yang bisa kita putar untuk mengatur ketegangan dari hair bow, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Normalnya adalah kita mengencangkan hair bow ini sampe jarak antara hair bow dengan bow stick kurang lebih sampai kelingking kita bisa berada diantaranya.

Nah untuk hair bow ini, ingat, setiap kita selesai menggunakan violin, saya sarankan untuk selalu mengendurkan kembali hair bow. Kenapa? Karena bila hair dalam keadaan tegang dalam waktu lama, maka hair bow bisa memanjang, dan apabila ini terjadi kita akan kesulitan untuk mengencangkan hair bow ini.

Bow ini sendiri juga bahan untuk membuatnya bervariasi, mulai dari hairnya, ada yang menggunakan bahan sintetis, ada juga yang menggunakan rambut ekor kuda. Untuk bahan terbaik buat hair bow ini adalah yang dari rambut ekor kuda. Dari segi penampilan emang akan sangat susah dibedakan antara yang rambut ekor kuda atau bukan, karena tampilannya mirip sekali, akan tetapi kita bisa cek dengan cara, ambil 1 lembar hairnya, kemudian dibakar, apabila ketika dibakar baunya seperti rambut terbakar, berarti itu adalah dari bahan ekor kuda.

Itu sekilas mengenai bow hair. Untuk bow sticknya juga ada yang terbuat dari kayu, dan ada dari fibre carbon. Dan untuk bow ini pun harganya sangat bervariasi sama dengan biola, mulai dari yang paling murah, dengan harga dibawah 100 ribu rupiah, sampai dengan harga diatas puluhan, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Ok, ini dulu mungkin sharing dari saya kali ini mengenai violin bow.
Semoga berguna, and thanks for reading. ^_^

No comments:

Post a Comment