Sempurna? Tidak ada yang sempurna.

Didunia ini emang tidak ada yang sempurna, begitu juga kita sebagai manusia, dalam menguasai sebuah keahlian pun tidak mungkin bisa sempurna. Diatas langit selalu ada langit, sebagus apapun kita bermain tetap saja ada yang lebih baik dari kita.

Tapi masalahnya disini bukan untuk menjadi sempurna, bukan menjadi terbaik. Akan tetapi kalo saya pribadi adalah karena emang saya menyukai hal ini. Dan apabila saya menyukai sesuatu saya tidak perduli, bisa sampai sejauh mana saya menguasainya, yang penting asal saya dapat terus maju dan berkembang, terus lebih baik sedikit demi sedikit dari hari kehari, itu saja sudah cukup.

Belajar sesuatu itu membutuhkan kesabaran, membutuhkan suatu proses yang panjang, dimana didalam prosesnya pun kita belajar banyak hal. Kita belajar menguasai suatu keahlian, kita harus mempelajari, bagaimana kita dapat belajar dengan baik, apa yang menjadi kelemahan kita apa yang menjadi kelebihan kita, dimana kita bisa lebih cepat belajar?

Ini semua butuh proses dan pengamatan selama kita belajar. Jadi saat belajar janganlah cuma melakukan hal itu sebagai rutin, atau karena guru suruh latihan ini, ya sudah kita lakukan, akan tetapi kita juga harus aktif, kita perhatikan, apa sih dari latihan ini yang berguna buat kita, apa sih yang bisa ditingkatkan kalo saya berlatih begini?

Sehingga proses berlatih walaupun mungkin main biola cuma tangga nada pun, kita dapat menikmatinya. Kenapa? karena kita tau, Tujuan main tangga nadanya apa. Karena kita manusia dalam melakukan segala sesuatu butuh tujuan, kalo tidak kita tidak punya semangat melakukannya.

Jadi untuk segala hal, kita harus punya tujuan jelas, Tujuan jangka panjang iya kita punya, tapi tujuan pendeknya pun harus ada, seperti bila hari ini saya mau latihan 1 jam, apa yang mau ditingkatkan. Jangan bilang hari ini saya latihan 8 jam biar bisa main lebih baik, itu terlalu general, dan akhirnya akan kurang efektif latihan kita.

Ok, itu mungkin sharing dari saya kali ini.
Saya sambung lagi nanti lain kali. ^_^

No comments:

Post a Comment